Raduneag

Website Teknologi Terupdate

5 Cara Investasi Saham Jangka Panjang

Cara Investasi Saham Jangka Panjang – Berbicara soal investasi, bukan hanya mengelola harta yang dimiliki saja. Namun bagaimana caranya memiliki investasi dengan cara mengelola dana dan juga menguntungkan. Investasi masuk kedalam pandangan seseorang akan harta yang nantinya dapat dimanfaatkan di masa depan.

Sayangnya masih banyak orang yang mengalami kendala, mengenai investasi saham yang seringkali dianggap pilihan tepat, tetapi merugikan atau tidak ada keuntungannya. Nah berikut ini, ada beberapa cara investasi saham jangka panjang yang menguntungkan sehingga bisa anda tiru dan anda terapkan.

1). Perhatikan Pajak Pemerintah

Cara pertama yang bisa anda terapkan untuk bisa menjalankan investasi saham jangka panjang yakni memperhatikan pajak pemerintah. Mengingat pajak merupakan kewajiban setiap investor untuk bisa menyetorkan dana khusus. Di Indonesia sendiri, pajak penghasilan akan dikenakan biaya khusus apabila menjual saham yang besarnya hampir setengah dari fee jual.

Selain itu, Pajak juga menerima dividen sebesar 10% dari total dividen yang diterima. Sehingga anda harus membayarkan pajak yang ada. Sebagai warga Negara yang taat akan peraturan dan juga investor yang memahami resiko serta keuntungan. Membayarkan pajak akan menghindarkan anda dari masalah besar lainnya. Biasanya investasi ini dilaporkan dalam SPT Tahunan.

2. Gunakan Strategi Income Investing

Selanjutnya cara untuk bisa melakukan investasi jangka panjang khususnya investasi saham pemula, yakni dengan income investing. Maksud dari investasi yang satu ini adalah mengharapkan hasil dengan keuntungan yang lebih jelas. Keuntungan ini didapatkan dari cashflow dibandingkan keuntungan capital gain. Selain itu, anda juga bisa menerapkan strategi ini untuk bisa mengelola uang yang mudah dikelola.

Selain itu investasi saham ini juga bisa dilakukan dengan tujuan mengatur uang secara berkala. Contohnya saja, bagi anda yang memiliki pensiunan yang hidup dari uang pembagian dividen. Sedangkan kriteria saham yang bisa anda beli mulai dari dividen 5 sampai 30 tahun terakhir. 

3. Pilih Perusahaan dan Saham Besar

Anda juga bisa melakukan penanaman saham dan juga pembelian saham dengan memilih perusahaan yang besar dan sudah sukses. Sehingga perusahaan tersebut memiliki asset yang cukup besar dengan cabang yang hampir ada di seluruh kota besar Indonesia. Selain itu, anda juga bisa memilih perusahaan yang memiliki gambaran masa depan jelas dan dapat bertahan.

Seringkali banyak orang memutuskan untuk investasi saham online dan membiarkan mereka menanam saham karena tergiur saja. Padahal faktanya, sebelum anda memutuskan untuk investasi harus pastikan perusahaan yang dimiliki memang berkualitas dan dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Cara Investasi Saham

4. Manajemen Tidak Bermasalah

Sebuah perusahaan dianggap gagal jika memiliki manajemen yang buruk. sedangkan perusahaan yang kecil dapat berkembang menjadi salah satu perusahaan besar jika memang manajemen yang dimiliki bagus dan berkualitas. Ciri dari perusahaan yang bagus juga tidak pernah berurusan dengan polisi ataupun KPK dan masalah lainnya.

Apabila ada sebuah perusahaan yang memang sengaja membuka penjualan saham secara umum. Maka hal-hal seperti ini benar-benar diperhatikan oleh investor. Terutama mengenai kredibilitas ataupun keterkaitan perusahaan akan permasalahan criminal. Sehingga investor memastikan bahwa mereka tidak terikat dengan perusahaan yang salah.

5. Pastikan Usaha / Perusahaan yang Jelas

Terakhir tips yang harus anda pahami sebelum memutuskan untuk melakukan cara investasi saham adalah memastikan bahwa perusahaan atau usaha yang dilakukan tidak terlalu  dan pasti. Menurut warren buffet, saham yang menjanjikan dan bisa berjangka panjang bisa didapatkan jika bisnis tidak terlalu rumit dan juga jelas. 

Hanya saja sebuah perusahaan yang fokus dibidang penjualan akan membuka saham untuk umum. Selain itu perusahaan tidak akan membuka tambahan produk apapun hingga 3 tahun kedepan. Tempat seperti ini yang anda perlukan.

Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *