Raduneag

Website Teknologi Terupdate

3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Wajib Dicoba

3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Wajib Dicoba – Penanaman modal sebagai investasi merupakan salah satu kegiatan atau aktiva yang dilakukan oleh banyak orang. Dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan secara tidak langsung. Adanya investasi ini juga membantu seseorang untuk mengelola harta mereka, sehingga menjadi lebih bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan tingkat konsumsi yang cukup tinggi.

Investasi tersebut dibagi menjadi dua, yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Masing –masing investasi memiliki tujuan. Sedangkan khusus untuk investasi jangka pendek, bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan cash flow ataupun harta yang dimiliki oleh seseorang. Beberapa orang lainnya mengharapkan adanya investasi jangka pendek dapat menyalurkan dana dan juga mendapatkan tambahan.

anda para pemula yang ingin melakukan investasi, berikut ini ada informasi lengkap mengenai jenis  investasi jangka pendek yang dapat anda coba, mulai dari investasi 1 bulan, hingga investasi jangka pendek 3 bulan ataupun lebih.

  1. Deposito

Jenis investasi pertama yang dapat anda coba dan masuk ke dalam investasi jangka pendek adalah deposito. Seperti yang anda ketahui, deposito merupakan sebuah produk yang umumnya diberikan oleh suatu perbankan yang ada di indonesia ataupun di dunia. Dengan tujuan untuk membantu nasabah penyimpan dana dalam jangka waktu tertentu.

Deposito ini bisa dicairkan sesuai dengan keinginan dan juga perjanjian yang sudah disepakati ketika awal menggunakan program tersebut. Misalnya saja 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Apabila anda mencairkan sebelum jatuh tempo, maka akan ada risiko yang harus anda tanggung seperti halnya denda ataupun penalty. Deposito ini juga sering dimanfaatkan oleh mereka yang kesulitan untuk menabung dan seringkali mengambil uang tabungan, ketika tidak dibutuhkan.

Peraturan deposito sendiri berbeda-beda tergantung dari peraturan lembaga atau bank yang menawarkan program tersebut. Sedangkan untuk suku bunga deposito berada di angka 4 hingga 8%. Sehingga semakin langka lama jangka waktu yang anda gunakan, maka semakin besar bunga yang didapatkan.

jenis investasi jangka pendek
  • Investasi Saham

Selanjutnya jenis investasi jangka pendek yang bisa anda nikmati dan sering digunakan oleh para pebisnis besar adalah investasi saham. Seperti yang anda pahami merupakan salah satu hal yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan seseorang dalam sebuah perusahaan atau perseroan terbatas.

Baru-baru ini menjadi investasi yang mulai, walaupun seperti yang anda pahami investasi jangka pendek paling menguntungkan ini tidak memiliki resiko yang cukup besar. Jika perusahaan dalam kondisi baik dan cenderung meningkat, maka nilai tahap yang anda dapatkan juga meningkat. Karena itu investasi saham memiliki daya tarik yang cukup tinggi, namun setiap usaha tersebut bangkrut atau mengalami masalah akan ikut nilai saham yang dimiliki juga akan turun.

  • Tabungan

Selanjutnya jenis investasi jangka pendek yang tidak boleh dilupakan tentu saja tabungan. Berbicara mengenai investasi yang satu ini, produk tabungan masuk ke dalam salah satu investasi jangka pendek yang dapat dilakukan setiap orang. Karena tidak membutuhkan teori yang terlalu rumit dan anda bisa melakukannya setiap saat.

Siapapun bisa melakukan investasi ini, baik mulai dari anak-anak hingga orang tua apalagi dengan adanya teknologi sekarang ini kemudahan produk tabungan bank. Anda dapat menarik dan juga setorkan kapanpun dan dimanapun. Untungnya menggunakan investasi ini, tentu saja anda tidak memiliki kewajiban untuk menyetorkan dana setiap waktunya dan tergantung dari masing-masing orang.

  • Reksadana Uang

Terakhir jenis yang seringkali dianggap sebagai salah satu jenis investasi jangka pendek paling menguntungkan adalah reksadana pasar uang. Hampir serupa dengan tabungan bank investasi ini memang memiliki kemudahan dalam pencairan, tetapi keuntungan yang didapatkan lebih besar daripada jenis investasi tabungan saja.

Namun untuk mendapatkan investasi reksadana resiko yang cukup besar, dibandingkan dengan tabungan yang dianggap tidak ada resikonya. Sehingga banyak orang yang mempertimbangkan kembali untuk memilih jenis investasi jangka pendek ini.

Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *